Hari ini :
You are not log in? >> Please Login

Tidak Mudah Marah

Saya dulu pernah menuliskan kenapa anda marah, kemarahan membuat kita menjadi tidak terkendali... jangan mudah marah, baru saja saya membaca sebuah sajak pendek dan ini sangat indah....
Aku sedang jalan. Ada lubang yang dalam ditepinya. Aku terperosok. Aku tak berdaya. Itu bukan salahku. Lama sekali aku baru bisa keluar

Aku sedang jalan dijalan yang sama. Ada lubang yang dalam ditepinya. Aku pura-pura tidak melihat. Lagi-lagi aku terperosok. Tidak kusangka aku berada ditempat yang sama lagi. Tetapi itu bukan salahku. Masih saja lama sekali aku baru bisa keluar

Aku sedang jalan dijalan yang sama. Ada lubang yang dalam ditepinya. Aku lihat sih. Tetapi tetap saja aku terperosok. Sudah jadi kebiasaan. Sekarang mataku terbuka. Aku tahu dimana aku berada. Ini salahku. Aku segera keluar.

Aku sedang jalan dijalan yang sama. Ada lubang yang dalam ditepinya. Aku menghindarinya.

Aku lewat jalan yang lain.

(Dicuplik dari There’s a Hole ion My Sidewalk karya Potia Nelson)


Sajak diatas adalah bagaimana kita bertanggung jawab pada hidup kita sendiri dan bagaimana seseorang secara bertahap bisa pindah dari cara pikir reaktif menjadi proaktif
Orang-orang proaktif membuat pilihan-pilihanya menurut nilai-nilai. Mereka berfikir sebelum bereaksi. Mereka sadar mereka tidak bisa mengendalikan segala yang terjadi kepada mereka. Tetapi mereka bisa mengendalikan reaksi mereka
Orang proaktif adalah ibarat air didalam botol. Dikocok-kocok seperti apapun, dibuka tutupnyta, takkan terjadi apa-apa. Takkan terdengar suara mendesis, takkan pula ada gelembung, takkan ada tekanan, tetapi tenang, dingin dan terkendali
Berbeda dengan orang reaktif yang diibaratkan seperti air soda dalam kemasan botol. Dikocok semakin kuat dan dibuka tutupnya akan keluar luapan air soda yang keluar dari botolnya. Dengan suara air soda yang mendesis dan disertai dengan gelembung-gelembung yang tak terkendali.

Ciri-ciri orang proaktif adalah
  1. Tidak mudah tersinggung
  2. Bertanggung jwab atas pilihan-pilihanya sendiri
  3. berfikir sebelum bertindak
  4. Cepat pilih kalo terjadi sesuatu yang buruk
  5. Selalu mencari jalan untuk menjadikan segalanya jadi terlaksana
  6. Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah dan tidak mengkhawatirkan hal-kal yang tidak bisa mereka ubah.




About this entry

  1. sdah jdi orng yg proaktif kah bonk??

  2. ifdeL oNE : Belum wan.... wakakakakak

Posting Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008