Hari ini :
You are not log in? >> Please Login

Sekatenan di Jogja

by kristanto-wds on January 31, 2010

Jalan jalan keJogja liat sekatenan… Dimulai dengan bangun siang jam 8 pagi saya mandi dan bersiap pergi… mata masih ngantuk tapi kalo telat berangkat bakalan gak ada yang jemput… aku pacu motorku ke stasiun jenar dan untung gak ketinggalan kereta pramek… nyampek di stasiun dah banyak orang yang pada ngantri… ada felling bakalan berdiri sampe jogja… dan memang bener, sebenarny dapet sich tempat duduk tapi kasian sama nenek didepan aku jadinya rada gimana dan jiwa merahku menyala untuk memberikan tempat duduk saya…. :P
Pramek sudah berjalan dan rasanya lega pas udah sampe dijogja… gak lama nunggu jemputan akhirnya Kiki sang bunga desa Jogja muncul juga… tukang ojek cantik ini emang sulit on time kalo jemput aku huhui….. tapi ni gadis luar biasa lho… :P

Skatenan kalo di Purworejo ya kayak pasar malam yang isinya orang berjualan beraneka ragam peralatan rumah tangga baju dan lain sebagainya… Sekatenan sendiri berasal dari pengambilan bahasa “Syahadat” karena sekatenan sebenarnya adalah memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW yang lahir pada tanggal 12 bulan Maulud, bulan ketiga dari tahun jawa. Sekaten merupakan upacara pendahuluan dari peringatan hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW. Diselenggarakan pada tanggal 5 hingga tanggal 12 dari bulan yang sama. Selain di Keraton Jogjakarta sekatenan juga diselenggarakan di Keraton Surakarta..



Tidak terlalu banyak tau sich bagaimana cerita lengkapnya tapi Sekatenan menurut saya dah banyak mengalami perubahan dari tahun ke tahun banyak permainan untuk menghibur anak-anak dan orang dewasa dari Gua Hantu, Tong Setan, Ombak Banyu yang tidak seperti dulu yang masih banyak ditemui para penjual jajanan pasar, nasi gurih didepan Masjid Agung, banyak orang berjualan jualan siri, pagelaran kesenian rakyat tradisional.

Dan sekarang menurut saya banyak diisi dengan pameran pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah maupun instansi sektoral dan vertikal, Dan hal seperti ini sudah sepantasnya dipertahankan dan kita kembangkan nilai-nilai hakikinya sebagai warisan keaneka ragaman budaya bangsa.

Yang belum datang kesekatenan…. buruan deh….





About this entry

  1. la, udah sekatenan to...?

    besok masih ada...?

  2. @secangkir teh dan sekerat roti : Masih ada mas....

Posting Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008